Ikutilah Gerakan wajib kuliah di Universitas Azzahra. Banyak cara yang dilakukan untuk generasi muda yang berjuang tetap melanjutkan kuliah walau dalam keadaan terbatas biaya, diantaranya :

  1. Rata rata generasi muda yang nekad kuliah dalam keadaan terbatas biaya adalah memiliki mimpi yang tinggi, tekad yang kuat, dan berjuang sekuat tenaga untuk bisa meraih mimpinya menjadi sarjana, bahkan melanjutkan S2 dan S3.
  2. Kuliah sambil kerja menjadi salah satu pilihan, biasanya mereka bekerja pada pagi hari, kemudian melanjutkan kuliah pada sore hari hingga malam. Hal ini terus ditekuni hingga 4 tahun maka gelar sarjana bisa diraih.
  3. Strategi kuliah mandiri sisi yang lain, generasi muda biasanya mengejar beasiswa baik formal maupun informal. Beasiswa formal biasa diraih dari berbagai lembaga yang menyediakan, baik lembaga pemerintah atau swasta, sedang beasiswa non formal adalah kreatifitas dari generasi muda untuk mencari orang tua asuh membiayai kuliahnya. Banya yang sukses dengan cara ini, selesai jadi sarjana bahkan bisa melanjutkan S2 dan S3.
  4. Kuliah mandiri bisa diwujudkan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia, antara lain adalah kuliah sambil bisnis. Biasanya dilakukan oleh kelompok pemuda yang memiliki bakat di dunia bisnis, ada yang bekerjasama dengan pemodal dengan membuka kios HP, warung juga restoran sehingga dengan kreatifitasnya menghatarkan pemuda kita meraih gelar sarjana.
  5. Potensi pemuda yang lainnya adalah, pengembangan bakat seni, tidak sedikit generasi kita bisa meraih gelar sarjana dengan biaya sendiri melalui kreatifitas di dunia seni, baik menjadi pengamen pribadi ke perbagai tempat atau bersama membentuk band dan membuat pertunjukan di kafe serta tempat lain.
  6. Bakat lain yang dilakukan generasi muda untuk kuliah mandiri adalah mereka yang terjun di dunia event organizer, baik seminar, lokakarya, hingga konser musik. Banyak anak sukses dengan cara ini, selesai kuliah dan memiliki aset yang memadai.
  7. Di dunia LSM juga tidak sedikit generasi muda yang berhasil kreatif dalam strategi ini, hingga bisa menjadi sarjana, melanjutkan ke S2 dan S3.
  8. Dalam bakat tulis menulis, juga sangat banyak generasi muda yang menggeluti dengan cara ini, baik menulis di media maupun buku, hingga mendapatkan hasil yang cukup untuk tetap bisa kuliah mandiri hingga jadi sarjana.
  9. Ikut organisasi adalah cara lain, generasi muda bisa kuliah mandiri, dengan jaringan yang dimiliki, organisasi juga memiliki aset cukup, tidak sedikit pemuda yang aktif di Organisasi bisa mandiri kemudian mewujudkan impiannya menjadi sarjana.

Beberapa strategi diatas merupakan cara mewujudkan keinginan pemuda bisa meraih pendidikan tinggi bergelar sarjana, bahkan melanjutkan ke S2 dan S3. Keterbatasan dana bukan menjadi alasan bagi generasi muda untuk berdiam diri, tidak mau berjuang dan berusaha untuk meraih impian, melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi. Jika sudah ada tekad dari pemuda, walau dalam keadaan miskin tetap berupaya melanjutkan kuliah, dengan berbagai cara yang bisa menjadi penompang untuk program kuliah mandiri, maka impian menjadi sarjana bisa diraih.

Gerakan Wajib Kuliah ke Perguruan Tinggi bagi generasi muda Indonesia, khususnya yang memiliki keadaan terbatas biaya menjadi satu semangat, satu beban bagi pemuda Indonesia untuk wajib melaksanakannya, meraih gelar sarjana guna mencapai masa depan yang lebih baik.

Universitas Azzahra Jakarta